Mengapa Tulang Kita Berbunyi..?

Diposting oleh TheHunter pada 16:11, 12-Peb-12

tulang1.jpg

Siapapun anda tentu sudah pernah mengalami dan merasakan suara klik atau gemeretak pada jari tangan, kaki ataupun persendian tubuh yang lain.

Ada kepuasan tersendiri ketika menggeliat atau kalau orang jawa bilang “mulet” dan bagian tubuh kita yang terasa capai mengeluarkan suara gemeretak “kretek..krek”. Suara itu bisa keluar karena diputar, di tekan, ditarik tergantung jenis sendinya.
Sehabis di pijat juga rasanya nyaman kalau jari tangan atau kaki kita di “jethutin / plitekin”. Tapi mungkin banyak di antara kita yang belum mengetahui asal muasal suara unik itu. Apakah karena engsel kita yang sudah berkarat dan butuh oli ? atau tulang keropos seperti kata iklan susu berkalsium tinggi ? Nah mari kita selidiki hal yang menarik ini.
Persendian di tubuh kita ada berbagai jenis ada yang merupakan sendi engsel seperti lutut, siku.
Ada yang mampu kita putar dan gerakkan ke banyak arah seperti tulang leher dengan sendi putarnya.
Ada sendi yang hanya mampu bergeser seperti tulang belakang kita.
Ada juga sendi peluru yang berada pada tulang bahu kita. Masing-masing mempunyai fungsi dan gerakan tersendiri. Sebagaimana mesin membutuhkan pelumas maka tubuh kita juga butuh “oli” alami.
Tulang persendian kita mempunyai selaput sendi atau membran sinovial yang menghasilkan minyak sinovial. Cairan ini berfungsi sebagai pelumas sehingga gesekan berjalan lancar dan halus dan tidak menimbulkan rasa nyeri atau sakit .
Minyak sinovial juga mengandung berbagai jenis nutrisi dan campuran gas oksigen, nitrogen, dan karbon dioksida.

***Letusan Gas dan Pergeseran Jaringan***

tulang3.jpg

Nah, saat Anda mematah- matahkan tangan, ruangan berisi cairan di sekitar sendi akan meregang. Karena regangan itulah, gas di dalam cairan akan dilepaskan. Letusan gas-gas itulah yang menghasilkan bunyi di persendian.
Menurut para ilmuwan, cairan sendi harus menyerap gas kembali beberapa saat sebelum Anda dapat membuat bunyi yang sama. Tendon dan ligamen juga penyebab timbulnya suara.
Jaringan lunak di persendian ini mirip dengan karet yang mengikat otot dengan ujung- ujung tulang agar tidak lepas. Begitu pula dengan ligamen yang menghubungkan tulang dengan tulang lainnya. Saat persendian digerakkan, kadang-kadang tendon dan ligamen lepas dari tempatnya, namun segera kembali.
Misalnya, saat lutut Anda berbunyi karena berdiri dari posisi duduk. Pada penderita arthritis, suara gemeretak sangat mudah terjadi dan rasanya sangat nyeri. Tulang belulang kehilangan jaringan tulang rawan sehingga ujung-ujung tulangnya kasar.
Cairan sinovial bertambah banyak sehingga sendi terasa kaku dan sakit. Para ilmuwan telah mempelajari apakah kebiasaan mematah- matahkan sendi dapat memicu arthritis atau merusak organ tubuh.
Beberapa hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan tersebut dapat dilakukan kapan saja tanpa berisiko apa pun. Meskipun demikian, penelitian lainnya menunjukkan bahwa aktivitas yang berlebihan akan merusak jaringan lembut di sekitar sendi sehingga tangan bengkak dan sulit digerakkan.
So sudahkah anda gemeretakkan sendi anda hari ini….

Mwber yg baik selalu menghargai postingan orang lain dengan mencantumkan SUMBERNYA hehe mrgreen

Mengubah Tampilan Facebook Timeline

Diposting oleh TheHunter pada 19:52, 30-Jan-12

ThumbnailMet malam gan udah lama banget nih ga pernah posting.. Semoga sobat Blogger Sehat Selalu.. Kali ini ane mau share trik seputar FB yaitu Tampilan Facebook Timeline Kalo yg udah tau mending merem ajah yah gan... He.He.He Caranya: 1. Login ke FB agan 2. Kemudian masuk ke http://www.facebook.com/about/timeline 3. Klik get Apps 4. Untuk mengganti cover seperti diatas masuk ke salah satu situs penyedia FB cover diantaranya... [Baca selengkapnya]

Ram Monitor s60v2

Diposting oleh TheHunter pada 21:45, 02-Jan-12

malam gan.... smile
Sehat2 ajah kan gan..?
Malam ini bnar2 menyebalkan...
Kenapa..?
Cz ane nunggu tikus keluar g ada yg keluar..Mau ane Jrooot tuh tikus...

Sambil nunggu tikus keluar ane mau share aplikasi nh gan...
namanya Ram Monitor...
gunanya untuk mantau Ram Hp kita...
Butuh phyton y gan

penampakannya..

screenshot0038.jpg

monggo disedot gan....
a.jpg

Metal Slug 4 Mobile

Diposting oleh TheHunter pada 10:11, 01-Jan-12

Met pagi Menjelang siang gan... smile
gmn kbar agan mwb nh..? Sebelumnya ane mau ngucapin Met Tahun Baru 2012...
.semoga tahun ini lebih baik dari tahun2 sebelumnya..amienn

Kali ini ane mau share game lagy nh tapi Java gan...
Yaitu metal Slug 4 mobile
Cekidot gan..

screenshot0036.jpg

screenshot0037.jpg

Yang Minat Silangkan disedot(.zip)
a.jpg

6 Senapan Paling Mematikan

Diposting oleh TheHunter pada 21:51, 30-Des-11

ThumbnailMet malam gan... Gmna nh udh pd punya acara buat nyambut tahun baru 2012 apa blum.? Kali ini ane mau share tentang senapan yang paling mematikan nh gan, maklum ane kan pecinta senapan he.He.He. Monggo disimak Gan 1.H&K G-3 Senapan ini sebenarnya adalah senapan serbu biasa. Tetapi karena punya fitur - fitur yang melebihi senapan serbu biasa seperti: kalibernya 7,62 x 51 mm,... [Baca selengkapnya]